Hi, Friends ! welcome to www.BeritaMantap.com. | About Us | Contact | Register | Sign In
Berita Islam Dakwah Kebesaran Allah Motivasi Cinta Pernikahan Remaja Keluarga
Berita Islam Berita Nasional Berita Dunia Berita Banua
Bisnis Syariah Bisnis Online Wirausaha Agribisnis Dollar Halal
Makanan Minuman Kue
Anime Lucu Nasyid Bola Movies Aneh
Anime Lucu Nasyid Bola Movies Aneh
Anime Lucu Nasyid Bola Movies Aneh
Anime Lucu Nasyid Bola Movies Aneh
Anime Lucu Nasyid Bola Movies Aneh
Anime Lucu Nasyid Bola Movies Aneh

Sejarah Valentine Day Dan Menurut Pandangan Islam

BeritaMantap.com - Tanpa terasa tahun 2012 sudah memasuki bulan kedua yaitu februari,ya bulan yang di anggap sebagian orang bulan yang penuh kasih sayang karena tanggal 14 februari disebut-sebut dengan hari valentine, terutama oleh para remaja di dunia.Tak terkecuali di negara kita,bahkan tidak sedikit remaja di indonesia yang merayakan hari itu.

Di zaman yang sudah modern ini rasanya sangat logis kalau merayakan sesuatu,sedang kita tidak tahu asal-usul dan makna dari perayaan itu sendiri.untuk itu saya mencoba mengangkat tema asal-usul perayaan hari valentine.dengan harapan supaya kita bisa lebih pintar dalam merayakan suatu acara dan bukan hanya ikut-ikutan saja..
Nah langsung saja sob postingan dari Info_tips&bisnis kali ini akan mengulas sejarah tentang hari valentine yang kami dapat dari beberapa sumber…

Sebenarnya ada beberapa versi tentang asal-muasal perayaan ini,tapi semuanya mengarah pada suatu kisah yang terjadi pada zaman kerajaan romawi. yang dipimpin oleh kaisar claudius 2 yang melarang pemuda romawi untuk menjalin hubungan cinta,bertunangan dan menikah.dengan alasan tentara yang mempunyai ikatan tali pernikahan tidak bisa menjadi tentara yang tangguh.
Keadaan ini membuat seorang biarawan muda yang bernama valentine,secara diam-diam sang biarawan mengumpulkan para pemuda dan di beri siraman rohani dan memberi mereka sakramen pernikahan,tapi lama-kelamaan aksi ini tercium oleh kaki tangan kaisar.

Valentine akhirnya tertangkap dijebloskan ke penjara dan akan dihukum mati,didalam penjara sang biarawan berteman dengan seorang petugas penjaga penjara yang bernama asterius.diceritakan asterius mempunyai seorang putri bernama julia,yang menderita kebutaan sejak lahir.
Valentine akhirnya berusaha mengobati kebutaannya.Sambil mengobati,ia mengajari sejarah dan agama dan alam semesta sehingga Julia dapat merasakan makna dan kebijaksanannya lewat pelajaran itu. Julia bertanya,
“Apakah Tuhan sungguh mendengar doa kita?”
“Ya anakku. Dia mendengar setiap doa kita.”jawab valentine
“Apakah kau tahu apa yang aku doakan setiap pagi? Aku berdoa supaya aku dapat melihat. Aku ingin melihat dunia seperti yang sudah kau ajarkan kepadaku.”lanjut julia
“Tuhan melakukan apa yang terbaik untuk kita, jika kita percaya pada- Nya,”sambung Valentine.
“Oh, tentu. Aku sangat mempercayai- Nya,” kata Julia mantap.
Lalu, mereka bersama-sama berlutut dan memanjatkan doa. Beberapa minggu kemudian, Julia masih belum mengalami kesembuhan.Sampai hukuman mati dijalankan.Valentine tidak sempat mengucapkan perpisahan dengan Julia, namun ia menuliskan ucapan dengan pesan supaya julia semakin dekat kepada Tuhan. Tak lupa ditambahi kata-kata,
“Dengan cinta dari Valentin-mu”.valentine meninggal 14 Februari 269 dan dimakamkan di Gereja Praksedes Roma.
Keesokan harinya , Julia menerima surat ini. Saat membuka surat, ia dapat melihat huruf dan warna-warni yang baru pertama kali dilihatnya. Julia sembuh dari kebutaannya. Pada tahun 496, Paus Gelasius I menyatakan 14 Februari sebagai hari peringatan St. Valentine. Kebetulan tanggal ini bertepatan dengan perayaan Lupercalia, suatu perayaan orang Romawi untuk menghormati dewa Kesuburan Februata Juno. Dalam perayaan ini, orang Romawi melakukan undian seksual,namun kemudian gereja sedikit memodifikasi perayaan ini. Nama Valentine lalu diabadikan dalam festival tahunan ini.
Namun,pada sekitar tahun 1960-an, Gereja Vatikan menghapus perayaan Valentine ini dari Kalender Gereja dan melarang umatnya untuk ikut-ikutan merayakan ritual tersebut karena jelas-jelas tidak berdasar.
Di daratan Eropa tradisi ini berkembang dengan menuliskan kata-kata cinta dan dalam bentuk kartu berhiaskan hati dan dewa Cupid kepada siapapun yang dicintai. Atau memberi perhatian kecil dengan bunga, coklat dan permen.
Di zaman modern, kebiasaan menulis surat dengan tangan diangap tidak praktis. Lagipula, tidak setiap orang bisa merangkai kata-kata yang romantis. Lalu muncullah kartu valentine yang dianggap lebih praktis. Kartu Valentine modern pertama dikirim oleh Charles seorang bangsawan Orleans kepada istrinya, tahun 1415. Ketika itu dia mendekam di penjara di Menara London. Kartu ini masih dipameran di British Museum.Di Amerika,Esther Howland adalah orang pertama yang mengirimkan kartu valentine.
Secara komersial,Kartu valentine pertama kali dibuat tahun 1800-an.dan terus berlanjut sampai saat ini.

Dibawah ini ada kutipan yang membahas mengenai hari valentine menurut islam atau sudut pandang islam tentang valentine days

Oleh kerana itu Islam amat melarang kepercayaan yang membonceng(mendorong/mengikut) kepada suatu kepercayaan lain atau dalam Islam disebut Taqlid.

Hadis Rasulullah s.a.w:“ Barang siapa yang meniru atau mengikuti suatu kaum (agama) maka dia termasuk kaum (agama) itu”.
Firman Allah s.w.t. dalam Surah AL Imran (keluarga Imran) ayat 85 :“Barangsiapa yang mencari agama selain agama Islam, maka sekali-sekali tidaklah diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi”.

Dalam masalah Valentine itu perlu difahami secara mendalam terutama dari kaca mata agama karena kehidupan kita tidak dapat lari atau lepas dari agama (Islam) sebagai pandangan hidup. Berikut ini beberapa hal yang harus difahami di dalam masalah 'Valentine Day'.

1. PRINSIP / DASAR
Valentine Day adalah suatu perayaan yang berdasarkan kepada pesta jamuan 'supercalis' bangsa Romawi kuno di mana setelah mereka masuk Agama Nasrani (kristian), maka berubah menjadi 'acara keagamaan' yang dikaitkan dengan kematian St. Valentine.

2. SUMBER ASASI
Valentine jelas-jelas bukan bersumber dari Islam, melainkan bersumber dari rekaan fikiran manusia yang diteruskan oleh pihak gereja. Oleh kerana itu lah , berpegang kepada akal rasional manusia semata-mata, tetapi jika tidak berdasarkan kepada Islam(Allah), maka ia akan tertolak.

Firman Allah swt dalam Surah Al Baqarah ayat 120 :“Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka.

Katakanlah : “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemahuan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu”.

3. TUJUAN
Tujuan mencipta dan mengungkapkan rasa kasih sayang di persada bumi adalah baik. Tetapi bukan seminit untuk sehari dan sehari untuk setahun. Dan bukan pula bererti kita harus berkiblat kepada Valentine seolah-olah meninggikan ajaran lain di atas Islam. Islam diutuskan kepada umatnya dengan memerintahkan umatnya untuk berkasih sayang dan menjalinkan persaudaraan yang abadi di bawah naungan Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Bahkan Rasulullah s.a.w. bersabda :“Tidak beriman salah seorang di antara kamu sehingga ia cinta kepada saudaranya seperti cintanya kepada diri sendiri”.

4. OPERASIONAL
Pada umumnya acara Valentine Day diadakan dalam bentuk pesta pora dan huru-hara.
Perhatikanlah firman Allah s.w.t.:“Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaithon dan syaithon itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya”. (Surah Al Isra : 27)

Surah Al-Anfal ayat 63 yang berbunyi : “…walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia (Allah) Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”.

Sudah jelas ! Apapun alasannya, kita tidak dapat menerima kebudayaan import dari luar yang nyata-nyata bertentangan dengan keyakinan (akidah) kita. Janganlah kita mengotori akidah kita dengan dalih toleransi dan setia kawan. Kerana kalau dikata toleransi, Islamlah yang paling toleransi di dunia.

Bagi yang ingin merayakan silahkan saja dan bagi yang tidak ingin merayakan juga tidak apa-apa,

Demikianlah sejarah valentine dan menurut Islam yang saya dapat dari beberapa sumber, semoga informasi ini bermanfaat…

Artikel Terkait: